Dalam mencapai kesuksesan, diperlukan beberapa karkater yang perlu dibangun dalam diri seorang wirausahawan. Karakter ini nantinya akan sangat menunjang dalam bisnis yang dijalankan dan dapat menentukan keberhasilan dari seorang wirausahawan. Dengan mengembangkan sifat-sifat positif maka kesuksesan akan mengiringi dalam pelaksanaan bisnis yang dirintis. Berikut tips lanjutan mengenai karakter yang perlu dikembangkan dalam diri seorang wirausahawan.

1. Memiliki pengetahuan dasar-dasar bisnis

Seorang wirausahawan mutlak memiliki pengetahuan dasar-dasar bisnis. Tanpa memiliki pengetahuan dasar dalam berbisnis, kegagalan akan lebih sering terjadi. Tidak ada wirausahawan yang sukses tanpa sebuah pengetahuan. Langkah terbaik untuk menjadi wirausaha yang sukses adalah belajar sambil bekerja. Bekerja pada orang lain terlebih dahulu akan sangat membantu seseorang menyerap ilmu dan pengalaman sehingga di kemudian hari bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses

2. Dapat belajar dari pengalaman orang lain

Seorang calon wirausaha yang sukses pasti akan selalu mengambil pengalaman dari orang lain dan tentunya dari diri sendiri. Semua pengalaman seseorang, baik kesuksesan maupun kegagalan harus dijadikan sebuah pelajaran berharga dan dijadikan panduan dalam merintis usaha serta mengembangkan usaha.

3. Mau menerima kritikan dan saran dari orang lain

Pada umumnya, kritikan yang ditujukan kepada seseorang adalah sebuah hambatan dalam merintis usaha. Namun, seorang calon wirausaha yang sukses akan menganggap kritikan dan nasihat dari orang lain sebagai guru yang membimbingnya ke arah kesuksesan.
Mau menerima kritikan artinya menyadari bahwa kita memiliki kekurangan. Jika mengetahui kekurangan, seseorang tentu akan memperbaiki kekurangan tersebut. Jadi, kita harus berterima kasih kepada orang yang berani menegur dan mengkritik.

4. Dapat bekerjasama dengan orang lain

Sepandai apapun seseorang, perjuangannya akan sia-sia jika bekerja sendiri. Tidak ada seorang wirausaha yang sukses hanya dengan bekerja sendiri. Kerjasama dengan teman, mitra bsinis, kerabat, rekan, dan klien sangat penting dilakukan jika ingin menjadi wirausaha yang sukses. Rekan-rekan bisnislah yang akan memberi masukan, kritik, dan saran serta membantu kita ketika mengalami kesulitan usaha. Seorang wirausaha yang sukses harus bisa membuat hubungan dan bergaul untuk menjalin relasi bisnis seluas-luasnya.

5. Tidak takut menghadapi kegagalan

Jangan berpikir bahwa wirausaha yang sukses, mapan, dan maju tidak pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Semua wirausaha yang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Hal yang membuat para wirausaha yang sukses cepat bangkit dari kegagalan adalah tidak pernah putus asa dan terus berjuang sampai sukses.

Oleh : Chindy Grafidia

Sumber : Tips Bisnis

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme