Untuk menjadi seorang wirausahwan yang sukes ternyata tidak hanya diperlukan kerja keras dan modal semata. Namun perlu adanya beberapa sifat positif yang perlu dibangun dalam diri seorang wirausahawan. Dengan membangun sifat yang positif tersebut, maka kesuksesan akan menyertai dalam bisnis yang telah dibangun. Berikut beberapa karakter yang perlu dibangun dalam diri seorang wirausahawan.

1. Mau melatih pola pikir

Pola pikir seorang wirausahawan yang sukses adalah selalu berpikiran positif. Jika Anda cenderung berpikiran negatif maka pada akhirnya hal negatif yang ada dalam pikiran itulah yang akan terjadi. Latihlah pikiran Anda untuk selalu berpikiran positif.

2. Harus percaya diri

Seorang wirausahawan yang sukses juga memilik rasa percaya pada dirinya sendiri untuk mengambil keputusan secara akurat, penuh perhitungan dan tidak lamban. Kepercayaan diri yang tinggi membuat seorang wirausahawan berani memutuskan dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah dipikirkan secara matang.

3. Memiliki perencanaan yang matang

Wirausahawan yang sukses melaksanakan apa yang dikerjakannya dengan  penuh perencanaan  dan perhatian. Rencanakan dengan matang usaha seperti apa yang ingin dijalankan, siapa yang menjadi target pasar dari produk, siapa yang menjadi kompetitor dan bagaimana cara memasarkan usaha Anda. Perencanaan yang baik akan membawa hasil yang baik dan meminimalkan resiko kerugian.

4. Kreatif dan inovatif

Seorang wirausaha yang sukses harus memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan usahanya dengan cara yang berbeda dengan usaha yang sudah ada. Ciptakan cara baru dalam hal pemasaran, produk dan kembangkan kreativitas agar mampu menciptakan produk-produk baru yang inovatif.

5. Ulet dan tekun

Ulet dan tekun adalah kunci sukses seorang wirausaha. Tanpa kerja keras dan ketekunan, suatu usaha tidak akan dapat bertahan lama dan mencapai kesuksesan.

6. Bisa menentukan sasaran dan prioritas

Wirausaha yang sukses juga harus menentukan impian, sasaran dan visi yang jelas tentang masa depan bisnisnya. Tidak akan ada semangat juang jika tidak ada tujuan yang kita kejar. Karena itu, tentukan impian dan tujuan yang ingin dicapai dari usaha yang dijalankan.

Oleh : Chindy Grafidia

Sumber : Tips Bisnis

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme