Mempersiapkan Bisnis Bagi Mahasiswa Dengan Modal Kecil

 

Selama ini masih banyak orang yang ingin memulai bisnis namun terkendala dalam hal modal. Paradigma masyarakat saat ini, bisnis pasti membutuhkan modal yang besar. Hal ini mengakibatkan banyak orang berpikir ulang untuk memulai berbisnis, terutama para mahasiswa. Padahal dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita, kita sudah dapat menciptakan suatu bisnis yang akan membawa keuntungan berlipat. Bagi Anda yang masih mencari ide dari hal-hal di sekitar Anda untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis, berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan :

1.Survei pasar
Lakukan survei pasar untuk mengetahui potensi apa yang memiliki daya jual dan sekiranya dapat menjadi peluang bisnis. Sebagai contoh, ketika lingkungan di sekitar Anda banyak kos-kosan ataupun perumahan dengan masyarakat yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, Anda dapat melihat peluang tersebut untuk membuka usaha laundry di lingkungan tersebut.

2.Prioritaskan untuk memilih produk yang tahan lama
Hal ini dikarenakan Anda sebagai mahasiswa yang tentunya juga memiliki kesibukan utama di luar berbisnis, sehingga dengan memilih produk yang tahan lama Anda akan lebih mudah untuk mengelola stok produk Anda dan mencegah produk Anda rusak. Hal ini perlu Anda perhatikan terutama jika Anda berencana merintis bisnis di dunia kuliner. Jika memang produk yang Anda jual tidak memiliki daya tahan yang lama maka Anda perlu pandai-pandai dalam mengatur stok produk Anda.

3.Memilih produk dengan harga yang reasonable
Akan lebih baik jika Anda menjual barang dengan harga yang terjangkau, terutama bagi mahasiswa. Karena Anda akan lebih mudah jika menjangkau pasar yang terdekat dengan Anda terlebih dahulu, yaitu sesama mahasiswa.

4.Membuat sample produk
Untuk menghemat waktu dan modal, Anda dapat membuat dulu beberapa sample dari produk Anda, untuk dipromosikan. Setelah Anda berhasil meraih target pasar yang Anda bidik, Anda dapat mulai membuat stok lebih untuk persediaan.

5.Aktif berpromosi
Anda dapat memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi, karena sosial media menjadi salah satu media yang cukup efektif dan terjangkau untuk berpromosi. Dengan mengelola sosial media dengan cara yang unik dan menarik akan semakin banyak orang yang penasaran dengan produk Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme