Cara Membersihkan Noda membandel

Fresher menikmati menyantap makanan seperti es krim, coklat, permen atau susu? Nikmat memang tetapi sangat menyebalkan jika makanan tersebut meninggalkan noda membandel di pakaian kita.

Berikut cara membersihkan beberapa noda membandel di pakaian.

1. Bekas Permen Karet
Permen karet yang lengket pada bahan dapat dibersihkan dengan cara menggosok bagian yang terkena permen karet dengan Cairan Spiritus. Jika masih kotor, bersihkan lagi dengan air hangat yang dicampur sabun. Selanjutnya bilas dengan air besih.

2. Noda Lumpur
Bila suatu hari anak Anda pulang dengan pakaian penuh lumpur, jangan panik. Biarkan lumpur mengering, baru setelah itu lumpurnya disikat. Kalau masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang. Terakhir cuci biasa.

3. Noda Susu
Noda susu akan hilang jika Anda meletakkan bagian ternoda di atas sebongkah es, tunggu sampai noda susu membeku, lalu hilangkan. Jika masih berbekas, maka hilangkan dengan cuka asam.

4. Noda terkena Saus
Kalau terkena saus tomat atau saus mustard, segera bersihkan pakaian dengan air hangat. Lebih baik lagi kalau noda itu dibubuhi gliserin. Kalau noda itu menjadi merah, tidak usah khawatir karena akan hilang saat dicuci.

5. Cat air
Segera cuci dengan air dingin sewaktu cat masih basah. Jika cat sudah kering, kulit cat akan terbentuk sehingga noda tidak dapat dihilangkan. Ada berbagai jenis cat. Sebaiknya hubungi produsen cat untuk mendapatkan saran spesifik

6. Es Krim
Seka sisa kotoran, lalu rendam dalam larutan deterjen yang sesuai untuk kain. Lalu cuci seperti biasa menggunakan air yang panasnya sesuai untuk pakaian. Untuk barang yang tidak dapat direndam, atau jika noda telah mengering, bersihkan dengan spons dan larutan boraks cuci hangat (15 ml boraks untuk 500 ml air).

Silahkan mencoba dan semoga noda bandel tidak membekas di pakaian anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme