Mempersiapkan Diri Menjadi Entrepreneur

Sudah bosan jadi pegawai? Ingin memulai bisnis Anda sendiri dan menjadi pengusaha sukses?  Persiapan dan Mempersiapkan Diri Menjadi Entrepreneur, Selain mempersiapkan hal-hal teknis yang berkaitan dengan bisnis Anda, Anda juga harus mempersiapkan pribadi Anda, karena dunia entrepreneur tentunya berbeda dengan kehidupan seorang karyawan. Jika kehidupan Anda sebagai seorang karyawan cenderung stabil dengan gaji bulanan dan rutinitas yang begitu-begitu saja, maka persiapkan diri Anda sebelum terjun ke dunia entrepreneur yang penuh dengan kejutan. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan mental Anda sebelum memasuki dunia bisnis :

1.Belajar untuk mengatakan tidak
Sebagai karyawan, Anda mungkin terlatih bertindak sebagai ‘yes-man’ terhadap perintah atasan Anda. Lain halnya ketika Anda menjadi pengusaha, Anda tidak bisa mengiyakan setiap tawaran yang masuk pada Anda. Oleh karenanya Anda harus mulai belajar untuk menyusun skala prioritas, memilah dengan bijak penawaran yang masuk dan mengatur jadwal Anda agar bisnis Anda terkendali
2.Jangan takut kerja berjam-jam
Kebanyakan orang menganggap bekerja sebagai pengusaha itu enak, karena jam kerjanya yang fleksibel, bisa dilakukan dimana saja, dan tidak harus terjebak rutinitas yang membosankan. Namun jangan kaget jika pada kenyataannya tidak seperti itu. Orang-orang yang baru merintis usaha mereka, tentunya perlu bekerja ekstra bahkan memiliki jam kerja yang lebih panjang dibandingkan pegawai sebelum bisa sedikit bersantai menikmati kesuksesan mereka. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk menggeluti bisnis sesuai dengan passion Anda, sehingga Anda tidak akan mudah menyerah ketika menemui tekanan-tekanan dalam perjalanan bisnis Anda
3.Siap menguasai berbagai ilmu
Seorang karyawan memiliki kecenderungan hanya menguasai satu bidang tertentu yang memang menjadi jobdesknya sehari-hari. Ketika Anda bercita-cita menjadi pengusaha, Anda harus mau belajar berbagai hal, mulai dari masalah keuangan, pemasaran hingga ke produksi. Meskipun nantinya Anda bisa merekrut orang-orang yang ahli di bidang tersebut, namun sebagai pemilik bisnis tentunya Anda harus menjadi orang yang paling paham mengenai bisnis Anda sendiri bukan?
4.Mengumpulkan modal sebelum memulai usaha
Seringkali modal menjadi permasalahan bagi seseorang sebelum memulai usaha. Oleh karenanya sebelum memulai usaha Anda harus memastikan memiliki modal yang mencukupi. Dan alangkah baiknya jika Anda memiliki cadangan modal, sebagai antisipasi jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak terduga. Dengan demikian Anda sudah mempersiapkan segala hal sebelum terjun ke dunia bisnis. Selamat berbisnis!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme