redakan stress dengan yoga

Apakah Fresher pecinta olahraga? Bagaimana dengan olahraga yoga? Apakah kamu suka melakukan yoga? Yoga memang bukan termasuk kategori olahraga yang memerlukan olah fisik yang berat. Yoga adalah olahraga yang terkenal dengan manfaat untuk menurunkan ketegangan, stres, depresi dan tekanan darah.

Seperti dikutip dari readerdigest.com, Rene Johnson, instruktur yoga dari Shanti Yoga, Edmonton, Kanada menyatakan bahwa “Dengan ritme napas yang teratur, yoga bisa menenangkan pikiran, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan pada otot dan menguatkan pernapasan”.

Kali ini Mr.Fresh akan rangkumkan 3 gerakan yoga mudah untuk kamu yang ingin mencoba meredakan stress dengan jenis olahraga ini.

1. Menekuk punggung ke depan.
Caranya, berdiri tegak, kemudian bungkukkan tubuh dengan lutut sedikit menekuk. Biarkan kepala menggantung ke bawah dengan bebas, dan silangkan tangan di depan dada. Coba raih paha belakang dengan kedua tangan Fresher. Ambil napas dalam-dalam. Capai batas maksimal Fresher. Tahan selama lima menit, kemudian berdiri tegak dan ulangi gerakan tersebut. “Gerakan ini bisa memperlancar aliran darah ke otak dan ginjal,” kata Rene.

2. Pose gunung.
Berdiri diam selama satu hingga lima menit. Biarkan pundak dan lengan dalam posisi santai. Lakukan peregangan pada pergelangan tangan secara perlahan. Kemudian tempelkan kedua telapak tangan Fresher di depan dada, setinggi letak jantung. Tekan satu sama lain dengan pelan. Kempiskan perut. Naikkan dada dan biarkan kedua lengan membentuk posisi segitiga (gunung) di depan dada dengan kedua telapak tangan tetap saling bertemu. Pejamkan mata Fresher, dan mulailah melakukan gerakan tarik-tahan-buang napas secara perlahan. Gerakan seperti ini bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan energi.

3. Merentangkan tangan.
Kedua tangan direntangkan lurus ke samping. Saat Fresher mengambil napas, angkat kedua tangan setinggi pundak dengan posisi tetap lurus. Kedua telapak tangan menghadap ke atas. Saat membuang napas, turunkan tangan Fresher sedikit dengan kedua telapan tangan menghadap ke bawah. Lakukan berulang kali, dan mulailah mengontrol gerakan saat mengambil dan membuang napas. Gerakan ini dapat melatih pernapasan dada Fresher, menurunkan ketegangan pada otot-otot saraf dan menurunkan stres.

Siap mencoba gerakan yoga di atas Fresher? Selamat ber yoga ria ya!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme