Menangis dan 6 Manfaatnya

Menangis dan 6 Manfaatnya

Saat anda sedang merasakan beban atau masalah yang menumpuk apa yang anda lakukan ?

Saat ingin melampiaskan kekesalan apa yang anda lakukan ?
Biasanya menangis jadi pilihan seseorang untuk dapat meluapkan emosi mereka, berbagai perasaan negatif seperti sedih, marah, kecewa biasanya akan lebih sering di keluarkan lewat tangisan.

Tetapi tahukah Fresher, bahwa menangis memiliki manfaat lain bagi diri kita. Bukan hanya sekedar melepaskan emosi, berikut beberapa manfaat menangis yang bisa anda peroleh. Seperti dikutip dari beberapa sumber, yuk simak informasinya dalam Menangis dan 6 Manfaatnya.

Menurut laman Netdoctor, wanita lebih sering menitikkan air mata ketimbang pria. Wanita bisa menangis 47 kali dalam setahun, sementara laki-laki hanya 7 kali.

1. Stres dan tekanan
Seperti yang sudah disinggung, menangis bisa membantu melepaskan emosi. Menangis juga berperan mengurangi kegalauan, stres, tekanan, serta meringankan beban pikiran. Semakin lama kita menahan emosi, semakin besar kemungkinan kita untuk lepas kendali.
MenurutNetdoctor, sekitar 88,8 persen orang merasa lebih lega setelah menangis dan 8,4 persen lainnya justru merasa semakin terpuruk.

2. Mengeluarkan racun
Seperti semua cairan lain yang keluar dari tubuh, air mata membantu kita mengeluarkan racun. Ketika menangis, air mata mengeluarkan kimia tubuh yang terbentuk karena stres.

3. Membersihkan hidung
Air mata mengalir melalui saluran air mata, melewati rongga hidung tempat mereka bersentuhan dengan mukus. Bila ada mukus yang menumpuk di sana, air mata bisa mendorongnya keluar dari hidung. Pernah mendapati Anda mengeluarkan ingus ketika menangis?

4. Menurunkan tekanan darah
Studi menemukan, menangis bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Dampak ini terlihat pada mereka yang telah melalui sesi terapi intens yang memungkinkan mereka banyak menangis.

5. Membersihkan mata
Membantu penglihatan Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan mata menjadi kabur.

6. Membersihkan bakteri
Membunuh bakteri Tak perlu tetes air mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Didalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri yang tertiggal dari keyboard, pegangan tangga, bersin dan dari tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam waktu 5 menit.

Bagaimana Fresher, setelah mengetahui manfaat dari menangis apakah anda bersedia untuk lebih sering mengeluarkan air mata ?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme