Mengenal Resiko Sebelum Memulai Bisnis

Ketika Anda memulai bisnis sendiri, berarti Anda akan memulai mewujudkan gagasan-gagasan Anda. Namun di saat yang bersamaan Anda juga harus siap dengan dunia bisnis yang penuh dengan resiko. Sebelum Anda memulai bisnis Anda sendiri ada baiknya Anda mengenali resiko-resiko yang berpotensi muncul dalam perjalanan bisnis Anda :


1.Resiko produk

Analisis produk atau jasa yang akan Anda jual, apa kegunaan dari produk Anda dan apa yang membedakan produk Anda dengan produk lain yang serupa dan sudah beredar di pasaran. Resiko melempar produk baru ke pasaran dapat Anda minimalisir dengan memastikan bahwa produk Anda memiliki daya jual dan daya saing dengan produk lain.
2.Resiko pasar
Sebelum Anda menjual suatu produk, Anda harus mengetahui target konsumen Anda dan pola kebiasaan dari calon konsumen Anda. Anda perlu menggali informasi bagaimana cara untuk memasuki pasar tersebut, apalagi di tengah kompetisi dengan produk yang serupa
3.Resiko finansial
Dalam berbisnis, resiko dalam hal finansial juga perlu diperhatikan. Banyak pebisnis pemula yang gagal karena tidak memiliki rencana keuangan yang matang. Pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang lengkap, termasuk di dalamnya modal, biaya-biaya produksi dan penunjang promosi, hingga ke target pendapatan. Jika diperlukan, buatlah proyeksi bisnis hingga tahun-tahun ke depan sebagai panduan Anda.
4.Resiko tim
Dalam suatu bisnis baru, akan ada kemungkinan potensi perpecahan dalam tim atau adanya tim yang kurang solid untuk mendukung kemajuan bisnis. Agar bisnis tetap berjalan lancar, pastikan kerjasama dan soliditas tim berjalan dengan baik. Kembangkan pula pola komunikasi yang baik dan suasana kerja yang kondusif untuk menunjang kinerja tim dan tim dapat saling memberikan ide untuk pengembangan
5.Resiko eksekusi
Banyak pula pebisnis pemula yang memiliki banyak ide bisnis namun gagal dalam mengeksekusi. Untuk mendukung keberhasilan eksekusi bisnis Anda, maka perhatian pada detail pekerjaan dapat menjadi salah satu solusi.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme