Ada kalanya ketakutan akan kegagalan menjadi faktor penghalang seseorang untuk memulai suatu bisnis. Padahal dalam berbisnis pasti akan melewati banyak tantangan dan resiko yang tinggi. Tantangan ini harus dapat disikpai secara positif sehingga justru dapat dijadikan semangat supaya tetap maju dan terus mengembangkan bisnis Anda. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan keberanian berwirausaha.

1. Tingkatkan pengetahuan tentang bisnis

Pengetahuan bisnis dalam hal ini tidak hanya berarti pengetahuan yang diperoleh dalam pendidikan formal. Justru sebagian besar pengetahuan dalam berbisnis diperoleh dari pengalaman saat menjalankan bisnis tersebut. Selain itu pengetahuan dalam berbisnis dapat juga diperoleh dari berbagai media misal, melalui seminar, buku seputar bisnis mapun media cetak dan elektronik.

2. Mulai dari bisnis yang kecil

Ketika mulai merintis bisnis, tidak perlu langsung berpikir sebuah bisnis besar. Mulai dari bisnis kecil terlebih dahulu. Kita dapat mencari tahu pengalaman dari orang yang sudah pernah merintis bisnis serupa sebelumnya. Dari hal tersebut nantinya kita mendapat masukan dan dapat melakukan inovasi sehingga bisnis kita bisa berkembang.

3. Bergaul dengan pengusaha

Salah satu cara terbaik untuk mempelajari bisnis adalah dengan berteman dengan sejumlah pengusaha. Hal tersebut dapat membantu menciptakan pemikiran positif dan memicu untuk dapat menjadi pengusaha sukses. Bertemulah dengan pelaku usaha dari berbagai industri. Semakin beragam gaya kewirausahaan yang ditemui, maka semakin kaya juga pengalaman kita. Saat ini telah banyak kemudahan yang memungkinkan untuk memperluas jejaring dengan para pengusaha. Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan jejaring sosial maupun bergabung dalam komunitas-komunitas pengusaha.

4. Jadikan pengusaha sukses sebagai panutan

Anda dapat menjadikan pelaku usaha yang sudah terbukti kesuksesannya di dunia usaha sebagai panutan anda. Meskipun Anda tidak mengenalnya secara personal, Anda dapat melakukan analisis kesuksesannya. Anda dapat memilih sejumlah merk ataupun perusahaan yang Anda sukai. Lalu coba telaah pemilik dari usaha tersebut melalui banyak hal seperti situs perusahaan dan profil pengusahanya di media atau artikel lainnya. Dari sana Anda dapat mempelajari kepribadian dan gaya kepemimpinannya hingga dapat membawa usahanya kepada kesuksesan.

Dengan melaksanakan langkah-langkah di atas, Anda akan menyadari bahwa berbisnis tidaklah semenakutkan yang dipikir oleh banyak orang selama ini. Maka jangan lagi menunda dan menunggu waktu lagi untuk menjadi wirausahawan, tapi sesegera mungkin untuk memulai usaha.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme