Strategi Pemasaran WORD OF MOUTH

Strategi pemasaran menjadi salah satu fokus penting bagi setiap pengusaha. Berbagai strategi diberlakukan untuk dapat memasarkan produk secara efektif. Salah satu strategi yang banyak digunakan karena dinilai efektif adalah strategi pemasaran word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut. Strategi pemasaran ini dilakukan oleh sebuah merek agar konsumen membicarakan, mempromosikan, dan mau merekomendasikan kepada orang lain agar menggunakan produk kita.

Strategi pemasaran word of mouth menjadi pilihan strategi pemasaran yang efektif karena cenderung tidak memerlukan biaya dan kekuatan rekomendasi pribadi dari orang terdekat ternyata dapat meningkatkan kepercayaan seseorang terhadap suatu produk. Dalam menjalankan strategi pemasaran tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara :

  1. Memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi setiap konsumen. Konsumen yang memperoleh kepuasan dari sebuah produk atau jasa secara tidak langsung akan menginformasikan kelebihan dari produk atau jasa tersebut dan memberikan rekomendasi kepada orang lain. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan terhadap kualitas dari produk atau jasa akan meningkat sebagai efek dari rekomendasi orang lain
  2. Anda dapat mencoba melakukan pemasaran ke orang-orang yang berpengaruh atau ke sebuah komunitas, yang sekiranya mengetahui tentang perkembangan produk terbaru serta senang berbagi informasi terbaru kepada rekan atau kerabatnya. Sehingga akan semakin banyak orang yang mengetahui informasi mengenai bisnis Anda dan menyebarluaskan informasi tersebut ke calon konsumen lain.
  3. Buat usaha yang unik dan menarik, sehingga akan menarik rasa penasaran calon konsumen untuk mencoba produk atau jasa Anda. Selain itu, selalu tingkatkan kualitas dari produk Anda, sehingga konsumen akan selalu menggunakan produk Anda, menjadi konsumen loyal dan merekomendasikannya kepada orang lain.
Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme