Tanaan Hias Pembersih Udara Rumah

Tanaman Hias Pembersih Udara Rumah

5 Tanaman Hias Pembersih Udara Rumah

Permasalahan polusi udara saat ini menjadi perhatian banyak pihak karena semakin hari kualitas udara yang ada semakin memburuk bahkan jauh dibawah standar kualitas udara yang baik. Sebagai contoh bentuk dari permasalahan polusi ini adalah bencana kabut asap yang terjadi di wilayah Riau dan sekitarnya.

Dokter menyebut salah satu bentuk upaya masyarakat untuk mengurangi paparan polusi yang semakin lama semakin mengganggu kesehatan yaitu dengan menjaga kualitas udara berawal dari rumah masing-masing. Penggunaan Air Conditioner (AC), pembersih udara, dan kipas bisa digunakan untuk membantu mengatur polusi udara.

Terkait hal tersebut tanaman hias juga dapat digunakan untuk membantu membersihkan udara di lingkungan rumah. Menurut studi penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA) dari Amerika Serikat memaparkan bahwa terdapat tanaman yang bagus untuk dijadikan sebagai pembersih udara karena bisa menghisap beberapa senyawa berbahaya yang terdapat di udara. Berikut tanaman yang bagus dijadikan pembersih udara rumah :

1. Suji (dracaena)

Suji Dracaena

Tanaman dari keluarga dracaena terdapat banyak varian dengan berbagai macam warna. Suji diketahui mampu menghisap polutan seperti benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan xylene. Suji bisa diletakkan di atas meja dan suji tidak membutuhkan perawatan yang khusus, hanya cukup sesekali disiram supaya kadar oksigen dalam suji tetap terkontrol.

2. Pakis boston (nephrolepis)

Pakis Boston

Tanaman pakis boston mudah anda temukan di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Daunnya yang nampak rimbun memiliki kemampuan yang baik dalam proses penyerapan polutan formaldehyde dan juga xylene. Pakis boston memerlukan perawatan yang lebih karena pakis boston perlu rutin disiram setiap hari dan diberi pupuk setidaknya sekali dalam seminggu.

3. Anggrek Dendrobium (dendrobium)

Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium sangat terkenal manfaatnya. Selain keindahannya yang sudah lama dikenal karena memiliki warna yang menarik, anggrek memiliki kemampuan yang bagus untuk proses penyaringan xylene. Polutan ini sering ditemukan pada residu cat serta lem dan pada paparan tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Anggrek baik diletakkan di dalam kamar tidur karena mampu menghasilkan oksigen pada malam hari.

4. Lidah mertua (sansevieria trifasciata)

Lidah Mertua

Tanaman hias lidah mertua ini dapat menghasilkan oksigen pada malam hari sehingga tanaman ini sangat bagus ditempatkan di kamar tidur. Lidah mertua bisa diletakkan pada pojok-pojok ruangan yang gelap sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan. Jenis polutan yang diserap oleh tanaman ini yaitu benzene, formaldehyde, trichloroethylene dan xylene.

5. Sepatu filum (spathiphyllum)

Sepatu Filium

Bunga yang putih cantik serta mudah untuk ditanamkan membuat tanaman sepatu filum menjadi salah satu tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Sepatu filum tidak membutuhkan banyak paparan sinar matahari dan hanya perlu disiram secukupnya.Jenis polutan yang diserap oleh tanaman sepatu filum di antaranya seperti ammonia, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Demikian informasi mengenai tanaman hias yang digunakan sebagai pembersih rumah untuk menjaga supaya polusi udara di rumah anda tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat. Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme