Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Sobat Fresher, hujan yang mengguyur bukan berarti dapat menghambat aktivitas Anda. Akan tetapi hal ini memang benar adanya, dan anda harus ekstra untuk memastikan kondisi dan kesiapan diri anda sebelum memulai aktivitas.

Salah satu hal yang terpenting adalah dengan memperhatikan kondisi kendaraan yang anda gunakan untuk beraktifitas. Jangan sampai kelalaian anda dapat menghambat aktivitas yang sudah anda rencanakan dengan matang.

Berikut Mr.Fresh rangkum informasi seputar tips aman berkendara di musim hujan berikut ini :

1. Selalu cek ban kendaraan anda
Usahakan untuk selalu cek ban kendaraan anda sebelum anda mengemudikan kendaraan. Gunakanlah ban yang baik dan yang tahan di segala medan. Apabila ban yang anda gunakan licin dan mudah slip pada saat terkena air hujan apabila kedalaman air sudah kurang dari 2 mm, sebaiknya ban anda harus diganti. Dan gunakanlah ban yang kembangannya mampu menyalurkan sirkulasi aliran air ke bagian luar. Sebab, apabila alur kembangannya ke dalam, maka hal ini akan dapat menyebabkan kotornya mesin.

Jangan lupa anda juga mengecek tekanan pada ban anda. Turunkan tekanan ban berkisar diantara 3-5 psi. Pada saat hujan, tekanan udara pada ban anda sebaiknya dikurangi. Karena, dengan kondisi jalanan yang berair, maka tidak seluruh permukaan ban akan menempel pada aspal dan cenderung akan banyak berhalangan dengan air. Kondisi ini dapat membahayakan anda, karena roda akan mudah selip.

2. Ingatlah hujan pertama dapat membuat jalan sangat licin
Hujan dapat membuat pengendara sulit mengemudi, apalagi pada saat hujan pertama turun. Penyebabnya yaitu tanah dan minyak dari jalan telah bercampur dengan air sehingga membentuk lapisan yang licin dan dapat menyebabkan roda mudah selip.

3. Keringkan rem anda setelah terkena air
Saat anda mengemudi, dan anda melintasi genangan air yang cukup dalam, maka sistem rem kendaraan anda akan basah. Keringkan rem anda dengan menginjaknya secara perlalahan sesudah terkena genangan air.

4. Sediakan selalu mantol atau jas hujan
Usahakan anda selalu menyediakan mantol atau jas hujan pada jok sepeda motor anda. Model jas hujan yang disarankan bagi anda yaitu jenis jas hujan model baju dan celana. Jas hujan dengan model terusan dinilai agak lebih ribet dan dapat beresiko fatal, karena sering berkibar-kibar. Kibaran jas hujan tersebut dapat beresiko kecelakaan dan dapat menghalangi pandangan pengendara yang lain dibelakang anda.

5. Gunakanlah helm standar
Dengan anda menggunakan helm standar yang menggunakan penutup depan, maka air hujan tidak akan dapat mengganggu pemandangan anda saat berkendara.

6. Gunakanlah alas kaki yang tidak licin
Hal ini sangat berlaku terutama bagi anda pengendara sepeda motor untuk menggunakan alas kaki supaya memudahkan anda pada saat mengendalikan kendaraan anda.

7. Periksalah semua lampu kendaraan anda
Sobat Fresher, apakah semua lampu anda dapat berfungsi dengan baik? Agar lampu tersebut dapat bermanfaat dan membantu anda untuk dapat melihat jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun pada siang hari dan hujan rintik-rintik karena dapat membantu pengendara lain pada saat akan melihat kendaraan anda pada jarak pandang yang jauh.

8. Hidupkan lampu depan saat berkendaraan di musim hujan
Hal ini untuk menunjukkan kepada pengendara lain khususnya dari arah yang berlawanan agar tidak mengambil jalur lain dan tetap berada pada jalurnya. Selain itu, dengan dihidupkannya lampu depan, maka hal itu akan membantu pengemudi lain untuk selalu waspada.

9. Kurangi kecepatan laju kendaraan anda
Kondisi jalanan pada saat hujan sangatlah licin dan jika kendaraan anda melaju sangat kencang akan memunculkan kesulitan pada saat anda harus berhenti mendadak. Berkendara dengan kecepatan normal akan memudahkan anda dalam mengemudi. Selain itu, mengemudikan kendaraan dengan kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkeram ban menjadi lebih baik.

10. Jaga jarak aman kendaraan anda dengan pengendara lain
Karena pada saat musim hujan jarak aman pengereman kendaraan akan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

11. Jangan sembarangan menerobos genangan air
Jangan anda sembarangan menerobos genangan air, karena kita tidak tahu kedalamannya. Hal ini dapat mengakibatkan kendaraan anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin terdapat genangan air tersebut.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar tips aman berkendara di musim hujan, supaya anda tetap selalu aman dan nyaman pada saat berkendara. Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme