Tips Membantu Anak Menjadi Kreatif

Tips Membantu Anak Menjadi Kreatif

Tips Membantu Anak Menjadi Kreatif

Kreativitas sangat diperlukan bagi anak sejak dini. Dengan lingkungan dan dukungan yang memadai, maka kreativitas anak dapat diasah dengan optimal. Berikut tips membantu anak menjadi kreatif :

1. Menciptakan Tempat Berkreasi
Bagi anak yang masih berusia dini, mereka sangat membutuhkan tempat di mana mereka bisa bebas untuk menyalurkan kreativitasnya. Tidak perlu tempat mewah yang berisikan beraneka ragam mainan mahal, tetapi anda bisa menyulap sudut sudut ruangan dirumah anda sebagai objek sarana berkreasi.

Pada tempat tersebut, anda bisa menaruh mainan yang memacu kreativitas anak seperti mainan balok misalnya, sehingga anak bisa menuangkan imajinasinya dalam bentuk bangunan. Sehingga anak akan terpacu untuk berkreasi yang nantinya akan melahirkan kreativitas dalam diri anak.

2. Ajak Anak Jalan-jalan Untuk Menambah Wawasan
Kreativitas dapat muncul karena adanya penambahan wawasan dalam diri anak. Anda bisa mengajak jalan-jalan anak anda ketempat wisata yang bisa menambah wawasan mereka, seperti mengajak anak ke museum, perpustakaan, atau di sekitar halaman rumah. Dengan kegiatan tersebut bisa membantu kreativitas anak menjadi lebih terasah dan kreatif .

Dengan mengeksplorasi lingkungan sekitar yang memungkinkan anak untuk menganalisa dan melihat alam lebih dekat bisa mendorong mereka untuk mengembangkan kreativitas. Pada saat anda mengajak jalan anak, anda bisa meminta anak untuk berimajinasi. Seperti meminta mereka untuk berimajinasi sedang berjalan-jalan di tepi pantai. Lalu anda dapat menanyakan suara apa saja yang terdengar, bau apa yang mereka rasa, dan mintalah anak untuk menggambarkan suasana pantai dalam imajinasinya. Sehingga anak akan terasah kreativitas dan imajinasinya.

3. Jangan Terlalu Mendominasi Anak
Bagi orangtua alangkah lebih baiknya jangan terlalu mendominasi anak. Karena kreativitas anak muncul ketika mereka bermain, belajar, bersosialisasi dan bereksplorasi. Walaupun anda memberi kebebasan kepada anak anda diperlukan pengawasan untuk batasan sewajarnya kepada anak anda, supaya anak anda bisa tetap belajar, bersosialisasi dan bereksplorasi secara optimal.

4. Bantu Anak Mencari Dan Mengasah Minatnya
Bantulah anak untuk mengetahui minat dan bakatnya, karena pada dasarnya kreativitas akan lebih terasah di bidang yang diminati anak. Misalnya saja anak berminat pada alam atau sains, maka Anda bisa memfasilitasi dengan membelikannya buku tentang pengetahuan alam.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengajak anak berjalan-jalan ke taman atau ke kebun raya sehingga anak bisa melihat lebih banyak tumbuhan, dan semakin dekat dengan alam. Ajaklah anak anda untuk berpura-pura sebagai peneliti tumbuhan. Dengan begitu mereka akan lebih antusias untuk mempelajari tumbuhan di sekitarnya. Misalnya tumbuhan tertentu memiliki jenis daun seperti apa, buah seperti apa, dan lain-lain.

Demikian informasi tips membantu anak menjadi kreatif sobat fresher. Semoga bermanfaat . Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme