Tips Mempertahankan Bisnis Di Tahun Pertama

Masa awal pembukaan bisnis menjadi masa-masa yang paling beresiko dalam perjalanan sebuah bisnis. Biasanya pada masa awal pembukaan seuatu bisnis masih terdapat banyak trial and error, untuk menemukan formula bisnis yang tepat. Hal ini menjadikan masa-masa awal pembukaan bisnis menjadi masa yang penting untuk menentukan kesuksesan bisnis ke depannya. Berikut akan dibahas langkah-langkah untuk mempertahankan bisnis di tahun pertama.

1. Menentukan pangsa pasar tepat

Dalam sebuah bisnis sangat penting untuk menentukan pangsa pasar yang tepat. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis, perlu dilakukan penelitian pasar, yang dapat dilakukan dengan berbicara langsung dengan calon konsumen. Dengan melakukan penelitian pasar maka sebuah bisnis dapat terhindar dari banyak masalah. Selain itu Anda dapat merancang penawaran yang tepat untuk menarik konsumen serta dapat membidik pangsa pasar yang tepat pula.

2. Memilih lokasi yang tepat

Memilih lokasi yang tepat juga menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan keberhasilan Anda dalam merintis bisnis. Pastikan lokasi yang Anda pilih untuk membuka bisnis memang sesuai dengan pangsa pasar yang Anda targetkan.

3. Menjaga pengeluaran

Sangat penting pada awal bisnis untuk menjaga anggaran Anda, terutama dalam hal pengeluaran. Sekalipun bisnis Anda sudah mulai terlihat berjalan dengan baik, namun tetap perlu untuk berhemat dan selalu memantau pengeluaran Anda agar sesuai dengan anggaran yang dirancang. Hal ini akan membantu usaha Anda untuk bertahan lebih lama dan jika terjadi hal-hal yang di luar perkiraan Anda sudah siap dan memiliki dana cadangan.

4. Selalu siap dengan segala kemungkinan

Segala kemungkinan dapat terjadi dalam dunia bisnis, termasuk hal-hal yang tidak terduga. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu siap terhadap segala kemungkinan. Anda dapat mulai memikirkan berbagai kemungkinan dan kendala yang dapat terjadi dalam bisnis yang Anda rintis, dan buatlah perencanaan untuk menangani permasalahan tersebut.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme