Tips Mendapatkan Istirahat Berkualitas

“Hakikatnya istirahat berkualitas dapat diperoleh dari tidur yang berkualitas, dimana tidur berkualitas adalah dasar yang baik untuk kesehatan baik mental maupun fisik” Ujar Direktur Medis The Chopra Center California AS,Simon MD. Dimana sel-sel dalam tubuh kita membutuhkan istirahat untuk dapat berfungsi secara optimal.

Bahkan banyak orang menderita penyakit insomnia sehingga menyebabkan tubuh mudah kelelahan, bahkan dapat membuat fisik lemah. Berikut beberapa tips supaya istirahat anda berkualitas :

1. Kurangi porsi makan malam anda
Usahakan menu atau porsi makan malam anda tidak terlalu kenyang. Dan usahakan anda makan malam di bawah pukul 19.00, sehingga anda tidak istirahat dalam keadaan perut penuh dengan menu makan malam, agar istirahat anda dapat berkualitas.

2. Kurangi kegiatan anda setelah pukul 20.30
Usahakan anda mengurangi porsi kegiatan anda setelah pukul 20.30. Karena fisik anda sudah mulai lelah dan membutuhkan istirahat.

3. Istirahat lebih awal
Usahakan anda istirahat lebih awal dari biasanya. Apabila anda belum terbiasa tidur lebih awal, anda dapat memajukan waktu istirahat anda setengah jam lebih awal setiap minggu sampai akhirnya anda terbiasa istirahat lebih awal untuk dapat istirahat yang berkualitas.

4. Relaksasi sebelum istirahat
Relakasasi sebelum istirahat penting bagi anda untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Karena dengan berelaksasi maka sel-sel otot anda menjadi lebih segar dan anda akan mendapatkan istirahat yang berkualitas.

5. Menulis buku harian
Sebelum tidur, tuangkan isi pikiran anda yang masih bekerja secara aktif dengan menulis di buku harian anda, sehingga pikiran anda bisa refresh dan tidak penuh dengan pikiran yang masih bekerja aktif. Dengan demikian maka anda dapat beristirahat dengan optimal dan berkualitas.

6. Membaca buku inspirasi
Anda bisa membaca buku inspirasi sebelum istirahat, karena buku inspirasi akan membuat anda refresh. Usahakan jangan membaca buku novel atau yang membutuhkan pemikiran supaya anda memiliki istirahat yang berkualitas.

7. Merasakan tubuh anda
Ketika anda sudah berbaring di tempat tidur anda, pejamkan mata anda dan rasakan tubuh anda. Dengan demikian rileks kan tubuh anda sehingga anda dapat terlelap dan anda akan mendapatkan istirahat yang berkualitas.

8. Pengaturan napas anda sampai tertidur
Dengan anda mengatur napas sampai anda tertidur. Maka pada saat itu pula aktivitas metabolisme pada tubuh anda dalam keadaan lambat, dan pada saat itulah kita dapat istirahat yang berkualitas.

Demikian tips untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Supaya anda tetap bugar dan sehat untuk menjalankan aktifitas anda. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme