Tips Mengurangi Stres

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas 6 cara dalam mengurangi stres bagian 1 maka di artikel Tips Mengurangi Stres – Part 2 kali ini Mr.Fresh akan memberikan lanjutan informasi mengenai cara lain yang bisa Fresher lakukan untuk mengurangi perasaan cemas dan khawatir berlebihan atau stres yang Fresher alami. Berikut informasinya :

1. Melihat pemandangan hijau
Jika stres membuat mata sakit dan pusing kepala, mungkin ada baiknya Fresher melihat pemandangan hijau. Pemandangan hijau menjadi nilai tambah karena warna tersebut relatif lebih nyaman pada mata.

2. Menulis
Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama dua hari mampu menurunkan kadar stres. Menuliskan perasaan pada kertas juga membantu kita melewati perasaan buruk dan mengatasi emosi negatif dalam diri.

3. Mendengarkan musik
Musik mampu meningkatkan emosi positif dan menurunkan tingkat hormon stres. Penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka selama 30 menit, lebih tenang ketika akan menghadapi operasi. Bergerak sesuai dengan irama lagu juga semakin menambah emosi positif dan memicu produksi hormon kebahagiaan, yaitu endorfin.
Penelitian lain memperlihatkan bahwa mendengarkan musik yang Anda suka bisa membantu mengurangi tekanan darah, tingkat detak jantung, dan menurunkan tingkat kegelisahan. Selain itu, lagunya tidak harus lagu yang tenang dan pelan, tapi yang jelas bisa membuat Anda tenang. Jadi, jika musik metal memang bisa membuat Anda tenang maka dengarkanlah.

4. Pijat
Pijat International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa pijat sendiri dua kali seminggu selama 15 menit saja mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf. Bahkan, cara mudah dengan menggerakkan bola tenis di sekitar jari-jari tangan juga mampu memberikan efek yang sama dengan pijat.

5. Pengaturan nafas
Dengan mengatur nafas terbukti bisa menurunkan tekanan darah, melawan stres, dan membuat Anda merasa tenang dan rileks. Untuk mengatur nafas, Anda bisa melakukan cara berikut:

Usahakan Anda menarik dan menghembuskan napas perlahan dalam tingkat yang sama. Tarik nafas selama empat hitungan, dan hembuskan juga selama empat hitungan. Setelah Anda terbiasa melakukannya, coba tingkatkan hitungannya menjadi lima, enam, tujuh, dan delapan untuk masing-masing menarik dan menghembuskan napas.

6. Membersihkan rumah
Cara seperti ini mungkin banyak Fresher lihat dalam drama-drama televisi. Tetapi ternyata benar lho Fresher. Kebiasaan membersihkan rumah mampu menurunkan ketegangan dalam pikiran. Orang seringkali mudah tenang dan teralihkan ketika melakukan kebiasaan yang diulang-ulang. Nah kegiatan berulang itu bisa kita lakukan saat menyapu, mengepel, dan lainnya. Kegiatan semacam ini juga ampuh untuk membuat tubuh tenang.

7. Lakukan yoga
Lakukan yoga atau peregangan. Yoga dan peregangan sudah terbukti mampu meredakan rasa gelisah dan mengurangi tingkat stres. Mengapa? Karena ketika melakukan yoga atau peregangan, Anda akan fokus pada tubuh, keseimbangan, dan napas, dan ketiganya mampu membawa Anda keluar dari hal dunia yang selalu membuat Anda khawatir dan masuk ke dunia yang penuh ketenangan.

8. Hindari teknologi
Penelitian di University of California, Irvine, dan peneliti US army menemukan bahwa mengecek e-mail setiap saat mampu menyebabkan stres. Jadi ketika anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan teknologi atau handset lainnya, misalkan mengecek email, jejaring sosial, atau lainnya minimal selama 45 menit.

Nah, cukup banyak kan cara untuk mengurangi tingkat stres, gelisah dan rasa cemas Anda. Silahkan dipilih dan coba tips yang mudah untuk Anda lakukan. Semoga bermanfaat ya Fresher.

Sumber: id.wikihow.com, efinlebey.blogdetik.com, google

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme