Transformasi dari Karyawan Menjadi Pengusaha

Keluar dari zona nyaman memerlukan keberanian yang luar biasa. Apalagi berubah dari karyawan menjadi pengusaha, dimana seorang karyawan memiliki pendapatan tetap setiap bulannya sedangkan ketika Anda memulai bisnis, Anda akan memulai hal yang penuh dengan ketidakpastian. Ketika Anda keluar dari zona nyaman tentunya Anda akan mengalami fase sulit, rentan dan terkadang tidak mengenakkan. Namun banyak juga contoh pengusaha yang mengawali karir sebagai karyawan dan mengalami fase jatuh bangun dan akhirnya meraih kesuksesan. Berikut ini akan dibahas beberapa langkah awal bagi Anda yang ingin bertransformasi menjadi pengusaha :

1.Persiapan mental dan niat yang benar
Hal ini menjadi syarat penting karena ketika Anda memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan dan memulai usaha sendiri, membutuhkan mental yang kuat untuk menuju zona ketidakpastian dan mental yang kuat untuk menjadi pengusaha. Setiap pengusaha akan mengalami saat jatuh bangun, dan hanya orang yang mampu melewati fase ini yang akan mencapai kesuksesan. Mental yang kuat untuk menjadi pengusahan akan lebih ampuh bila diniatkan dengan benar. Niat untuk menjalankan semua karena ibadah. Niat untuk menjalaninya dijalan yang benar, tidak menempuh jalan yang kotor.
2.Persiapan modal
Pastikan Anda memiliki modal sebelum memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan dan beralih menjadi pengusaha. Modal menjadi penentu berjalannya usaha Anda. Jika modal Anda belum mencukupi Anda dapat mencari investor dan bagi hasil, pinjam keluarga dan teman, dan pinjaman lunak lainnya. Bisa juga dengan menjual aset, baik itu tanah, rumah, ataupun barang2 kepemilikan pribadi
3.Siap bekerja lebih lama
Transformasi dari karyawan jadi pengusaha tentu saja membuat anda berusaha lagi memulai dari nol. Diawal memulai mungkin hampir seluruh waktu kita akan tersita untuk usaha. Baik itu lewat fikiran atau tindakan. Tetapi kita harus bisa me-manage waktu dengan baik. Belajar me-manage waktu adalah salah satu kunci kesuksesan.
4.Fokus pada tujuan dan pantang menyerah
Dalam perjalanan usaha tentunya Anda akan mengalami berbagai hambatan. Oleh karenanya sangat penting membangun sikap pantang menyerah Usahakan diskusi dengan keluarga diawal usaha. Minta dukungan dari mereka. Selalu menjaga semangat dengan sharing ke sesama pengusahan terutama yang sudah berpengalaman adalah hal yang baik. Baca buku-buku motivasi bisnis para pengusaha sukses juga bisa menjadi penambah semangat. Terakhir kita harus yakin kalau rezeki kita sudah ada yang mengatur. Sehingga langkah kita menjemputnya terasa lebih ringan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme