Sebelum anda mencari tahu bagaimana rahasia sukses memulai bisnis laundry ini, alangkah baiknya jika anda mengintip peluang bisnis ini terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar tahu target konsumen anda.

1. Pekerja Kantoran

Pekerja kantoran adalah target konsumen yang cukup realistis. Mereka adalah orang yang super sibuk yang bekerja dari jam tujuh pagi sampai dengan jam 5 sore. Terkadang malah ada yang lembur sampai malam. Sementara hari minggu adalah waktu yang digunakan untuk bersantai menghilangkan kepenatan sehingga tidak sempat mencuci.

2. Mahasiswa

Mahasiswa yang berasal dari daerah biasanya sering menyewa rumah kontrakan. Kesibukan sebagai pelajar membuat mereka enggan untuk sekedar mencuci pakaian. Apalagi mereka mendapat kiriman uang dari orang tua. Kebiasaan hidup enak di kampung halaman membuat mereka memilih jasa laundry kiloan saat berada dikontrakan.

3. Anak Kost

Hampir sama dengan mahasiswa, anak-anak kost yang umumnya para karyawan mall atau pabrik adalah perantauan. Mereka hampir tidak ada hari libur karena bekerja dengan sistem pembagian waktu. Ditambah lagi keadaan kost yang harus berbagi kamar mandi jika mereka tidak menyewa kamar kost yang ada kamar mandinya.

4. Pasangan Keluarga yang Sibuk Bekerja

Banyak pasangan suami istri yang dua-duanya bekerja. Bisa dibayangkan, sudah sibuk dengan kerjaan masing-masing, belum lagi masak, beres-beres rumah, mengurus anak membuat cucian menumpuk. Hal ini akhirnya membuat mereka lebih baik membawa tumpukan pakaian ke laundry terdekat.

Persiapan Membuka Usaha Laundry Kiloan

persiapan memulai usaha laundry kiloan

Setelah anda mengetahui pangsa pasar untuk bisnis laundry, tentunya anda sudah memiliki gambaran sekarang. Ternyata ada banyak target konsumen yang menggunakan jasa laundry kiloan.

Sekarang saatnya anda melakukan persiapan sebelum memulai usaha ini. Membuka bisnis laundry bukan hanya mengenai mencuci pakaian saja. Anda harus bekerja secara profesional sehingga hasilnya dapat memuaskan pelanggan. Oleh sebab itu, anda mesti menerapkan beberapa faktor berikut ini sebelum membuka usaha laundry agar cepat sukses.

Baca Juga : Beberapa Alasan Mengapa Usaha Laundry Memiliki Prospek Cerah

5. Mengerti Teknik Mencuci yang Baik

Membuka jasa laundry berarti mengharuskan anda untuk belajar menguasai teknik mencuci pakaian yang baik. Karena ini menyangkut pakaian orang lain. Jika anda bertindak asal-asalan, maka siap-siap anda akan ditinggal pelanggan.

Selain itu, anda harus belajar cara menyetrika yang rapi dan teknik melipat yang baik. Tidak ketinggalan juga untuk belajar membungkus pakaian agar saat pelanggan datang mengambil merasa puas dengan pelayanan anda.

6. Mencari Lokasi yang Strategis

Persiapan penting selanjutnya adalah pemilihan lokasi yang tepat. Jika anda termasuk ibu rumah tangga yang hanya ingin mencari kesibukan, membuka usaha laundry cukup anda lakukan dirumah saja. Target konsumen anda mulai dari penghuni komplek dan tetangga komplek sebelah.

Namun, berbeda halnya jika anda ingin menjadikan usaha laundry sebagai penghasilan utama. Anda harus mencari lokasi yang strategis agar mendapat banyak pelanggan. Tempat-tempat yang cukup strategis antara lain:

  • Dekat perkantoran
  • Dekat Kontrakan/kost
  • Jalan raya yang ramai
  • Dekat kampus
  • Kawasan industry
  • Kawasan komplek perumahan

Memang untuk dapat menjalankan didekat lokasi-lokasi diatas anda membutuhkan modal lebih untuk biaya sewa kios. Akan tetapi, dana yang anda keluarkan akan berbanding lurus dengan penghasilan anda yang lebih besar dibandingkan hanya membuka laundry dirumah.

7. Menengok Tingkat Persaingan

Lokasi memang menjadi faktor penting dalam kelangsungan bisnis anda. Selain itu, satu hal yang perlu anda pelajari adalah tingkat persaingan kompetitor. Oleh karenanya, anda perlu survey terlebih dahulu. Pelajari perilaku konsumen apakah memiliki daya tarik yang tinggi atau sebaliknya.

Jika memang banyak masyarakat yang menggunakan jasa ini, tidak ada salahnya untuk buka usaha laundry kiloan dilokasi tersebut meskipun banyak pesaing bisnis disekitar anda, Ingat, yang dibutuhkan konsumen hanyalah kepuasan pelayanan dan ketepatan waktu anda, jika bisa memenuhi hal tersebut anda tidak perlu takut bersaing dengan kompetitor lain.

Namun, beda halnya jika daya tarik masyarakat rendah. Lebih baik anda mencari lokasi baru karena anda akan kesulitan berebut pelanggan dengan jasa laundry lain yang sudah ada dilokasi tersebut.

8. Mempersiapkan Perlengkapan Laundry

Setelah semua faktor diatas anda penuhi, kini saatnya anda mempersiapkan segala sesuatu sebagai awal untuk memulai bisnis ini. Mulai dari desain kios, banner, perlengkapan laundry lengkap dan kelengkapan lain untuk menunjang usaha anda tersebut. Jika anda belum mengetahui harganya misalnya seperti mesin cuci, coba anda cek disini.

Baca Juga :  Susunan dan Daftar Bahan Pembersih Yang Ada Di Laundry

Modal untuk Memulai Usaha Laundry Kiloan

sumber gambar via kiosusaha.com

Setelah semua persiapan telah selesai, kini saatnya kita membicarakan soal modal. Berapa kira-kira modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry kiloan? Jawabannya tidak pasti. Tergantung seberapa banyak peralatan yang akan anda gunakan. Namun, untuk anda yang bermodal kecil. Membuka jasa laundry sudah cukup dengan modal sekitar sepuluh juta.

9. Modal

Mari kita hitung rincian modal usaha laundry untuk pemula menurut taksiran dari investasiuntung.com.

No Barang Banyak Harga
1.2.

3.

4.

5.

6

7

8

9

Mesin cuciMesin pengering

Setrika

Timbangan

Rak  baju kayu

Meja

Kursi

Hanger dan jepitan

Ember

2 unit1 unit

5 buah

1 buah

1 buah

1 buah

3 buah

5 pak

3 buah

Rp. 4.000.000

Rp. 1.500.000

Rp.    750.000

Rp.    100.000

Rp.    600.000

Rp.    250.000

Rp.    150.000

Rp.    150.000

Rp.    120.000

 

Total modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp. 7.620.000,-

Biaya operasional selama satu bulan adalah sebagai berikut.

No Barang Harga
1.2.

3.

4.

5.

6

7

ListrikAir

Deterjen

Pewangi pakaian

Pewangi setrika

Buku nota

Gaji 1 karyawan

Rp.    500.000Rp.    400.000

Rp.    200.000

Rp.    150.000

Rp.   100.000

Rp.     30.000

Rp. 1.000.000

Total biaya operasional per bulan sebesar Rp. 2.380.000,-

Modal awal + biaya operasional = Rp. 7.620.000 + Rp. 2.380.000 = Rp. 10.000.000,-

Rincian modal diatas jika anda memiliki tempat usaha sendiri sehingga tidak perlu menyewa. Jika anda terpaksa menyewa, sebaiknya carilah kios yang bisa disewa per bulan agar tidak terlalu membebankan anggaran anda. Namun, jika anda mempunyai modal lebih, menyewa untuk satu sahun pun tidak menjadi masalah.

10. Taksiran Keuntungan Bisnis Laundry

Bagaimana perkiraan keuntungan yang bisa anda peroleh dari usaha laundry anda? mari kita hitung perkiraan untung jika usaha anda rata-rata mendapat order 50 kg pakian perhari dengan tarif Rp. 6.000,- /hari.

Pendapatan total sebulan

Rp. 6.000 x 50 x 30 hari = Rp. 9.000.000,-

Pendapatan bersih = Rp. 9.000.000 – Rp. 2.380.000 = Rp. 6.620.000,-

Dengan modal 10 juta anda sudah bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp. 6.620.000,-/bulan. Sangat menggiurkan bukan.

Tips Sukses untuk Membuka Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry bukan hanya anda membeli peralatan, menyewa kios untuk jualan dan konsumen akan datang dengan sendiri. Masih banyak Pe-eR yang mesti anda lakukan untuk memperkenalkan usaha baru anda ini. Sehingga konsumen bisa tertarik dan menjadi pelanggan tetap anda.

Berikut tips jitu agar usaha laundry anda cepat berkembang dan dikenal banyak orang

11. Pemasaran yang Efektif

Seperti yang saya singgung diatas, konsumen tidak akan datang jika anda tidak mengundang mereka. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pemasaran yang efektif. Salah satunya dengan cara promosi.

Buatlah brosur atau selebaran untuk memperkenalkan usaha anda tersebut. Anda bisa menempelkannya dibeberapa tempat yang strategis. Promosikan juga usaha anda ini dari mulut ke mulut kepada kerabat, tetangga atau teman-teman anda. Tidak ada salahnya untuk memasang iklan di koran lokal tempat anda. Selain itu, promosi juga bisa anda lakukan lewat media social agar usaha anda cepat dikenal orang.

12. Pasang Tarif yang Sesuai

Untuk urusan tarif jasa laundry, sebaiknya sesuaikan dengan rata-rata tariff didaerah anda. Jangan anda memasang tariff yang terlalu mahal. Malah kalau bisa sebaiknya berikan harga yang lebih murah untuk menarik minat konsumen. Hal ini perlu dilakukan mengingat usaha laundry anda masih baru yang sementara ini butuh banyak pelanggan.

13. Cari Hal Baru untuk Menarik Perhatian Konsumen

Saya ingatkan bahwa usaha laundry anda masih baru. Jadi, anda harus pintar-pintar menarik perhatian konsumen. Oleh karenanya, anda arus menciptakan inovasi atau hal-hal baru untuk bisnis anda ini. Misalnya dengan memberikan diskon untuk para pelanggan yang menyewa jasa laundry anda lebih dari 5 kg. Atau mungkin anda bisa memberikan hadiah mencuci gratis selama 2 hari bagi mereka yang sudah menjadi pelanggan tetap. Strategi ini tentunya akan membuat pelanggan semakin tertarik dan mulai rame berdatangan ketempat anda.

14. Berikan Layanan yang Memuaskan

Pelayanan yang memuaskan adalah kunci sukses dalam menjalani sebuah bisnis. Apalagi laundry termasuk usaha bidang jasa yang harus memiliki anggapan bahwa kepuasan konsumen adalah segala-galanya.

Jangan hanya karena pelayanan anda yang buruk, para pelanggan malah pada kabur dan mencari tempat lain. Usahakan unuk memberikan layanan prima misalnya membuka usaha dari pagi dimana kebanyakan para pekerja kantoran menitipkan pakaiannya sambil berangkat kerja.

Usahakan juga untuk selalu tersenyum dan ramah kepada pelanggan agar mereka merasa nyaman. Bersikaplah jujur dan selalu mendengar keluhan konsumen ketika datang complain tentang baju yang dilaundrykannya ditempat anda. Selain itu yang terpenting usahakan tepat waktu dalam pengerjaannya setiap ada pesanan yang datang.

15. Pengelolaan Keuangan yang Baik

Percuma usaha laundry anda berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan jika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Anda yang seharusnya mendapat keuntungan bersih 5 juta perbulan bisa tidak terhitung jika cara mengelola keungan secara buruk.

Oleh sebab itu, belajarlah untuk mengatur keuangan usaha anda. Catatlah setiap pengeluaran seperti biaya operasional harian maupun bulanan, gaji karyawan, biaya perawatan dan lain-lain. Disamping itu seluruh pemasukan juga harus anda catat dalam buku kas anda sehingga anda bisa menghitung laba yang anda peroleh.

Kendala yang Sering Dihadapi

Apapun bisnis yang anda jalankan, pasti tidak akan langsung sukses seperti yang anda harapkan. Dalam pelaksanaannya, terkadang ada saja hambatan atau kendala yang menyertai bisnis anda tersebut. Tidak terkecuali usaha laundry anda.

Beberapa kendala yang sering terjadi dalam bisnis laundry seperti dikemukakan olehmaxmanroe.com antara lain :

16. Kerusakan Alat

Peralatan elektronik tidak akan selamanya bekerja dengan baik. Ada masanya dimana alat tersebut akan mengalami kerusakan. Seperti halnya mesin cuci, pengering maupun setrika yang menjadi alat utama bisnis laundry kiloan.

Solusinya, anda harus menyiapkan dana cadangan untuk biaya perawatan peralatan elektronik anda dan tidak menutup kemungkinan juga anda harus mengganti dengan yang baru

17. Komplain Para Pelanggan

Tidak semua pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan jasa laundry anda. Ada saja orang yang datang karena pakaiannya rusak, tidak bersih, bau, kusut sampai tertukar dengan pakaian pelanggan lain.

Hal ini menjadi ujian bagi bisnis anda. Hadapi semua keluhan pelanggan dengan kepala dingin dan tetaplah tersenyum. Jangan sampai satu saja pelanggan anda kecewa dan tidak mau melaundrykan bajunya ditempat anda. Ingat, kehilangan satu pelanggan bisa membawa pelanggan lain ikut-ikutan.

18. Masalah Limbah Cucian

Dalam menjalankan bisnis laundry, masalah pembuangan air hasil cucian sering menjadi kendala. Apalagi jika lokasi tempat anda padat penduduk sehingga saluran pembuangan air tidak terlalu besar. Terkadang ada saja masyarakat yang datang mengeluh akibat limbah cucian dari usaha anda tersebut.

Solusinya, sebaiknya carilah tempat yang saluran pembuangan airnya besar sehingga tidak mengganggu masyarakat disekitar. Jika memang sudah terlanjur membuka usaha di tempat yang padat penduduk, upayakan untuk menampung air bekas cucian dan membuat saluran pembuangan.

19. Masyarakat Sudah Banyak Memiliki Mesin Cuci

Sekarang ini mesin cuci bukan lagi barang mwah yang sulit dibeli orang. Mereka yang tergolong masyarakat menengah kebawah sudah banyak yang memiliki mesin cuci. Hal ini tentunya menjadi kendala tersendiri untuk usaha laundry anda.

Solusinya kembali lagi pada cara anda menganalisa pasar. Carilah lokasi yang banyak terdapat kost atau kontrakan yang nyatanya banyak membutuhkan jasa laundry. Mereka lebih suka menitipkan pakaian dilaundry daripada harus susah payah mencuci sendiri.

Sumber : https://www.matahidup.com/19-usaha-laundry-kiloan-modal-kecil/

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme