Cara Memulai Usaha Laundry Kiloan Yang Sukses

Usaha laundry kiloan menjadi usaha yang potensial untuk ditekuni. Terbukti dengan semakin banyaknya permintaan terhadap jasa laundry kiloan. Hal ini disebabkan karena tingkat kesibukan masyarakat yang semakin tinggi, sementara mencuci pakaian menjadi keharusan bagi setiap orang. Jika dikelola dengan baik, maka usaha ini akan menjadi usaha yang sangat menguntungkan bagi Anda. Kali ini akan dibahas beberapa tips bagaimana cara memulai usaha laundry kiloan yang sukses :

1. Survey lokasi dan karakteristik pelanggan

Melakukan survey sangat penting sebelum membuka usaha, untuk mejamin Anda membuka usaha di tempat yang tepat. Hal yang menjadi pertimbangan di antaranya apakah calon lokasi usaha merupakan milisk sendiri atau sewa, apakah ada calon pelanggan potensial di lokasi tersebut, seperti berdekatan dengan perumahan ataupun kos-kosan. Hal ini disebabkan karena masing-masing pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga nantinya hal-hal tersebut akan menjadi faktor penentu dalam hal penentuan harga, jenis layanan yang akan diberikan dan sebagainya.

2. Survey kebutuhan usaha

Sebelum memulai usaha laundry kiloan, lakukan penghitungan terhadap kebutuhan untuk operasional sehari-hari seperti daya listrik, kebutuhan deterjen dan pengharum. Dari penghitungan tersebut akan diperoleh juga perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk operasional sehari-hari.

3. Survey kompetitor

Jika di sekitar lokasi usaha Anda sudah terdapat usaha laundry, lakukan survey terhadap kompetitor tersebut. Anda dapat melakukan pendalaman terhadap layanan yang diberikan kompetitor, harga yang diberikan, keunggulan dari kompetitor dan sebagainya. Dari hal-hal tersebut Anda juga dapat membuat inovasi baru agar usaha Anda lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor.

4. Keunggulan layanan

Keunggulan layanan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena kepuasan menjadi faktor penentu keberhasilan usaha laundry Anda. Pastikan Anda memberikan pelayanan yang terbaik, seperti hasil cucian yang bersih, rapi, wangi serta pengerjaan tepat waktu, menyapa pelanggan dengan ramah dan menjaga agar cucian pelanggan tidak hilang maupun rusak. Dengan memberikan pelayanan yang prima, tentunya konsumen akan senang kembali lagi untuk mencuci di laundry milik Anda.

5. Menawarkan program diskon

Program diskon dapat menjadi salah satu strategi untuk menarik pelanggan. Dengan memberikan harga yang kompetitif dan program diskon, tentunya pelanggan akan tertarik untuk menggunakan jasa laundry Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme