Strategi Menangkan Persaingan Bisnis Episode 1 #9 – Simply Fresh Laundry. Beberapa kali saya mengisi seminar banyak yang tanya gimana cara atasi persaingan bisnis yang semakin “berdarah-darah”. Artinya pasar sangat kompetitif dan sulit untuk mencapai target omset.

Dari pengalaman membangun bisnis dibutuhkan strategi yang tepat dan berani untuk atasi problem ini. Nah!! supaya tidak terlalu panjang saya akan bahas menjadi beberapa episode. Episode kali ini saya kutip perkataan Michael Porter :

“Bersaing menjadi terbaik MUTLAK merupakan pemikiran yang KELIRU tentang persaingan, yang akan berakhir pada keuntungan yang BIASA-BIASA saja!”

Lho !!?? bukannya untuk sukses di suatu industri harus menjadi yang TERBAIK untuk menangkan persaingan ?? Jangan-jangan pernyataan Porter ini asal ngomong tanpa dasar yang kuat? Layakkah untuk dijadikan sebagai strategi?

Sebelum menjawabnya Michael Porter ini adalah seorang pakar manajemen dan Profesor dari Harvard Business School dan juga pemilik Mark Kramer Foundation Strategy Group. Kenapa menjadi terbaik merupakan pemikiran yang keliru ? Yang dimaksud terbaik disini adalah TERBAIK di SEGALA HAL dibandingkan kompetitor.

Padahal untuk menjadi terbaik di segala hal maka paling tidak berdampak pada dua hal yaitu :

PERTAMA. Biaya Naik : Ini akibat cost untuk memberikan pelayanan yang full service membutuhkan biaya yang tinggi. Seperti ketika naik pesawat low cost tentu beda layanannya dengan pesawat yang full service bukan ?

KEDUA. Harga Jual Turun : Karena ingin terbaik/menang di harga jual, akibatnya harga dibuat semurah mungkin. Seperti contoh pada pesawat dengan layanan full service, diberikan makanan, tempat duduk longgar, pesawat mahal NAMUN maskapai tersebut tetapkan harga murah untuk bersaing dengan maskapai low cost.

AKIBATNYA APA ? Ketika Biaya Naik dan Harga Jual Turun yang terjadi adalah pendapatan menurun yang berujung pada PROFIT yang juga MENURUN.

Lalu bagaimana strategi yang tepat untuk menangkan persaingan bisnis ?

Sebelum saya jawab, Profesor Youngme Moon berkata : “Semakin keras organisasi bersaing, menjadi kurang berbeda mereka jadinya. Produk tidak lagi bersaing satu sama lainnya, tetapi saling meruntuhkan satu dan lain di pikiran konsumen yang menggunakannya.”

Artinya begini, ibarat anda seorang atlit spesialis lari jarak panjang (marathon), namun anda malah memutuskan bersaing di lari sprint 100 meter yang bukan kelebihan anda. Seharusnya anda fokus saja di keunggulan yang anda miliki, sehingga persaingan menjadi tidak relevan. Yaitu konsumen tidak membandingkan anda dengan usaha sejenis karena sejatinya berbeda.

Kembali saya kutip perkataan Michae Porter :

“Strategi bersaing berarti memilih jalan yang BERBEDA dibandingkan yang lain. Organisasi harus bersaing menjadi UNIK”

Ya JAWABANNYA adalah menjadi UNIK!

Fokusnya adalah MENCIPTAKAN “SUPERIOR VALUE” pada kelompok konsumen yang dipilih! Bukan dengan meniru atau menyamai pesaing! Jadi tentukan dulu anda ingin menggarap kelompok konsumen segment-target yang mana ? Setelah itu ciptakanlah Value dari bisnis yang anda jalankan. Pastikan Value ini berbeda dari yang lain, bahkan UPAYAKAN benar-benar bisnis anda yang pertama.

Lalu bagaimana strategi untuk menjadi berbeda/ Unik ? Oke Nantikan penjelasannya di video saya berikutnya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme