Strategi Menangkan Persaingan Bisnis Episode 3 #11 – Simply Fresh Laundry. Telah saya bahas untuk menjadi unik dan berbeda yaitu dengan STRATEGI BREAKAWAY dan STRATEGI HOSTILITY. Silahkan dilihat kembali video sebelumnya.

Selanjutnya bagaimana cara untuk menangkan persaingan bisnis setelah bisnis anda BERBEDA ?

Saya kutip dari Dale Carnegie seorang penulis dan pengajar yang buku-bukunya telah menjadi best seller sepanjang tahun 1930-an hingga sekarang :

“When dealing with people, remember you are not dealing with creatures of logic, but, with creatures of EMOTION”

YA! jawabannya adalah dengan ciptakan kondisi EMOSIONAL kepada pelanggan anda.

Setidaknya ada 3 resep untuk menjadi EMOSIONAL.

RESEP PERTAMA, CIPTAKAN PENGALAMAN PELANGGAN!

Pengalaman Pelanggan untuk bisnis offline seperti Resto, Laundry, Barbershop, Coffeshop yaitu dengan Ciptakan Atmosfer outlet/gerai berupa Musik, Warna, Suhu Ruangan, Wewangian, Desain , Nuansa, dan sampai dengan Makanan sesuai Core Brand yang jadi karakteristik pembeda.

Contohnya, suatu Resto core Brand-nya adalah space/angkasa, maka buatlah nuansa ruangan bertema angkasa, bahkan sampai dengan musik, suhu ruangan, dan penamaan makanan pun sesuai core tersebut.

Contoh lain, pada bisnis saya Simply Homy Guest House, core Brand -nya adalah “Islami”. Maka yang kami lakukan mulai dari logo, pewarnaan, hiasan, penamaan ruangan, dan berbagai fasilitas seperti alat shalat, Al-Quran, sampai adanya adzan reminder, kesemuanya untuk ciptakan atmosfer Islami.

Jadi resep menciptakan kondisi emosional yaitu dengan membuat pengalaman pelanggan berupa atmosfer yang dikehendaki. Ini yang munculkan sebuah kondisi emosi dalam jiwa pelanggan.

Apalagi resep untuk menjadi EMOSIONAL ?

Oke, RESEP KEDUA : CIPTAKAN HUBUNGAN PELANGGAN YANG BERKUALITAS.

Ciri hubungan yang berkualitas yaitu :

  1. Tercipta hubungan yang SALING MEMAHAMI.
  2. Terbentuk KEDEKATAN dengan pelanggan.
  3. Terbentuk sikap SALING MENGHARGAI.

Ketika hubungan bisnis dengan pelanggan terbentuk tiga ciri diatas artinya anda telah berhasil menciptakan hubungan yang berkualitas dengan pelanggan.

Mungkin diantara banyaknya pelanggan yang ada sudah terbentuk hubungan berkualitas, namun anda tidak menjadikan sebagai sebuah strategi yang dirancang serius, alhasil hubungan berkualitas tidak merata ke seluruh pelanggan.

Nah sekaranglah saatnya anda memikirkan strategi yang tepat, diantaranya yang biasa kami lakukan di Simply Group, baik Simply Fresh Laundry, Simply Homy Guest House, maupun Simply Prime Laundry yaitu :

  1. Lakukan pendataan pelanggan ( Yaitu Nama, Nomor HP, Alamat, Akun Social media).
  2. Sapa pelanggan dengan rutin, selain di tempat usaha juga bisa menggunakan aplikasi Chat seperti Whatsapp / Telegram / Line / Media chat lain yang biasa digunakan.
  3. Berikan informasi-informasi bermanfaat atau kalimat motivasi secara rutin.
  4. Mengobrol personal bisa dengan mendoakan, atau memberikan ucapan Selamat di event tertentu.
  5. Berikan surprise berupa gift / hadiah bagi pelanggan yang telah mencapai transaksi tertentu.
  6. Berikan layanan yang bikin pelanggan WOW!
  7. Berteman di sosial media dan rutin like, komen dan status-statusnya secara rutin.

Itu diantara cara pendekatan supaya menjadi pelanggan yang berkualitas sehingga terbentuk hubungan yang dekat, saling memahami, dan saling menghargai.

Dengan adanya Sosial media sangat membantu menjalankan stratagi ini.

Lalu apalagi strategi menangkan persaingan dengan ciptakan kondisi EMOSIONAL ?

Oke Nantikan Episode selanjutnya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme