Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Menjaga daya tahan tubuh anak merupakan salah satu faktor penting yang harus dilakukan bagi orangtua supaya anak tidak mudah terserang penyakit. Terlebih lagi pada saat ini sedang memasuki musim pancaroba, dimana fisik sang anak harus tetap dijaga supaya tetap sehat.

Seperti yang anda ketahui, bermain merupakan dunianya anak-anak. Anda sebagai orangtuanya pun harus membebaskan anak anda untuk bermain bersama dengan teman sebayanya selagi apa yang ia lakukan dapat bermanfaat khususnya dapat menstimulasi motorik sang anak dan tidak membahayakan. Ditambah lagi dengan aktivitas tambahan lainnya yaitu banyaknya les tambahan yang harus ia jalani. Dengan kondisi tersebut akan dapat membuat anak anda menjadi lebih cepat lelah karena tingkat daya tahan tubuhnya yang mulai menurun.

Oleh karena itu, pentingnya peran orangtua untuk bisa menjaga daya tahan tubuh anak sehingga ia tetap bisa menjalani aktivitasnya sehari-hari serta daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat dan anak tidak mudah terserang penyakit. Sobat fresher, berikut tips menjaga daya tahan tubuh anak :

1. Usahakan untuk menghindari makanan cepat saji
Sudah tidak asing lagi bagi anak-anak tidak menyukai makanan sehat, seperti sayur salah satunya. Pada umumnya mereka lebih menyukai makanan yang cepat saji karena benar-benar memiliki rasa, misalnya manis, asin atau gurih. Akan tetapi, Ibu harus mengetahui jika makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh mereka, karena didalam makanan cepat saji terkandung bahan kimia dan zat adiktif yang dapat membahayakan kekebalan tubuh anak. Ibu dapat menyiasati untuk meminimalisir makanan cepat saji tersebut dengan membuat makanan ringan yang sehat, seperti puding atau roti cokelat yang lezat yang disukai anak.

2. Memberikan menu makanan bernutrisi
Makanan merupakan faktor utama untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Dalam masa pertumbuhan, anak-anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang komplek dan berimbang. Memberikan menu makanan yang bernutrisi tidak hanya dapat mendukung tumbuh kembangnya anak, akan tetapi dapat menjaga daya tahan tubuh anak untuk tidak mudah terserang penyakit.

3. Istirahat yang cukup
Banyaknya aktivitas yang dijalani anak dapat membuat tubuhnya menjadi mudah lelah, karena daya tahan tubuhnya yang menurun. Dengan istirahat, maka dapat memulihkan dan mengembalikan stamina anak setelah lelah melakukan aktivitas seharian. Selain itu, istirahat juga dapat menjaga daya tahan tubuhnya.

4. Melakukan olahraga
Tidak hanya orang dewasa yang memerlukan olahraga supaya badan tetap sehat. Hal tersebut juga diperlukan anak. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh anak yaitu dengan mengajak anak untuk melakukan olahraga. Anda dapat mengajak anak anda bermain di taman atau mengajaknya untuk bermain sepeda atau kegiatan olahraga lainnya yang anak sukai sehingga anak dapat terjaga daya tahan tubuhnya.

5. Jauhkan anak anda dari asap rokok
Asap rokok banyak mengandung zat yang dapat mengganggu dan membunuh sel-sel dalam tubuh. Terlebih perokok pasif akan sangat membahayakan kesehatan tubuhnya dan anak-anak akan rentan terserang penyakit dibandingkan dengan orang dewasa, karena tingkat bernapas mereka lebih cepat. Bahkan, asap rokok dapat mempengaruhi kecerdasaan dan perkembangan saraf mereka. Oleh karena itu, sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok anda supaya kesehatan keluarga anda tetap terjaga.

Demikian 5 tips menjaga daya tahan tubuh anak yang Mr.Fresh berikan, semoga bermanfaat dan semoga tetap diberikan kesehatan. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme